Profile

Latar Belakang

Program Pendidikan Sarjana bidang Pertanian diarahkan untuk menghasilkan sumberdaya manusia bagi pembangunan pertanian guna mengisi kebutuhan tenaga yang mahir, trampil, mandiri, dan peka terhadap perubahan ilmu dan teknologi.

Program Pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Dr. Soetomo Surabaya telah banyak menyumbang dalam bentuk sumberdaya manusia terdidik yang tersebar di berbagai bidang atau sektor pembangunan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Indonesia sebagai Negara kepulauan disamping Filipina dan Jepang yang terletak di kawasan Asia Pasifik, diyakini oleh Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Word Bank dalam laporan tahunannya memegang peranan kunci dalam pertumbuhan di kawasan ini sebagaimana prediksi Word Economic Forum (WEF) bahwa variable terpenting dari pertumbuhan ekonomi di kawasan ini adalah sektor kelautan yang akan menjadi Prime Mover.

        Dalam rangka mengantisipasi tantangan dan peluang bagi dunia Kelautan dan Perikanan untuk masa mendatang perlu adanya Reorientasi kemantapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang tepat. Karena prediksi Pasar Bebas Internasional Indonesia masih memerlukan Sarjana Perikanan dan Kelautan ± 15.000 sarjana.

        Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Dr. Soetomo tetap concern untuk mengembangkan visi dan misi ke dalam motto :

“The sea is our domain, Fish is our trade,
and the world is our market“

Perilaku sumber daya manusia baik individu maupun kelompok yang menjadi subyek utama pembangunan menjadi lebih penting disaat mengalami “Responsivitas” IPTEK dalam mengantisipasi perubahan pasar. Kendala-kendala konservatif dalam setiap adopsi teknologi yang kurang kondusif akan melemahkan penciptaan ide, inisiatif, dan kreativitas serta kurang mendorong semangat untuk mandiri (To help People to Help Them Self)

        Dalam rangka itulah program studi teknologi pangan, membantu para calon pioneer/pemberdaya masyarakat madani yang mengagungkan sumberdaya alam lokal sebagai leading sector untuk ikut memacu dan mengeskalasi pembangunan daerah sesuai dengan semangat otonomi daerah

Visi dan Misi

Visi
Membentuk sumberdaya manusia yang berkompetensi tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang Perikanan dan Teknologi Pangan Gizi serta cakap menanganinya bagi pengembangan ekonomi nasional dan perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pertanian yang membentuk pribadi manusia yang berkemampuan memahami, menguasai, menerapkan, serta mengembangkan ilmu yang dimiliki dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat untuk perubahan progresif
  2. Melakukan kegiatan penelitian untuk mendukung pengembangan ilmu dan teknologi di bidang Perikanan dan Teknologi Pangan.

Mengembangkan kelembagaan Fakultas sejalan dengan perkembangan jaman serta menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait dan alumni.

Tenaga Pengajar

Jurusan Perikanan dan Teknologi Pangan dibina oleh tenaga pengajar berkualifikasi Profesor, Doktor yang 100% telah menempuh strata dua (Magister) dibidangnya.

Fasilitas

  1. Pada saat ini Fakultas Pertanian Universitas Dr. Soetomo Surabaya berlokasi di Jalan Semolowaru 84 Surabaya sebagai pusat kegiatan administrasi akademis.
  2. Fakultas Pertanian UNITIMO dalam mengembangkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada rnasyarakat juga didukung oleh adanya berbagai macam fasilitas yaitu :
  3. Gedung Kuliah Berlantai 5 dan 4 yang seluruh ruang kelasnya dilengkapi fasilitas AC
  4. Auditorium berkapasitas 400 orang
  5. Sejumlah Ruang seminar dan diskusi
  6. Beasiswa (Supersemar, Yayasan PCU, Pemerintas dan Swasta)
  7. Komputerisasi
  8. Kantin
  9. Koperasi
  10. Percetakan dan Penerbitan
  11. Perpustakaan
  12. Lapangan Basket
  13. Pusat Studi Mandiri Mahasiswa dengan layanan akses internet 24 jam berteknologi HotSpot,
  14. Laboratorium Bahasa,
  15. Laoratorium (Kimia, Biologi, Fisika, Breeding dan Reproduksi, Teknologi Pangan, Mikrobiologi dan Hidrologi)
  16. Poliklinik
  17. Asuransi
  18. Unit Kegiatan Mahasiswa  Mahasiswa Pencinta Alam dan Seni (MAPALAS), Himpunan Mahasiswa Sosial (Himasos), Teater, Dayung, Sepakbola, Bola Volley, Bola Basket, Bela Diri (Karate, Jujitsu, Kempo, Silat Perisai Diri, Boxer dan Taekwondo), Sahabat Pustaka, Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI), Unit Kerohanian Kristen (UKKK), Musik, Resimen Mahasiswa, dan masih banyak lagi lainnya.
  19. Masjid Babush Sholihin

Sistem dan Metode Perkuliahan

  •  Klasikal
  • Studi Kasus
  • Stadium General
  • Seminar
  • Magang
  • Praktikum

Kerjasama

Dalam rangka usaha meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi, Fakultas Pertanian Universitas Dr Soetomo menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai institusi, antara lain:

  1. Instansi pemerintah dan swasta di dalam negeri (departemen, lembaga penelitian, industri pertanian/perikanan, serta
  2. Industri lain yang berkaitan dengan pertanian/perikanan).