Laporan AIM Budidaya Perikanan

NoPernyataan EvaluasiIndikatorUraian ketidak sesuaian dan saranAction
1.1Fakultas / Departemen Memiliki Kebijakan Formal Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi Dan Evaluasi VMTS Untuk Pengembangan Fakultas/ Departemen Dan Program Studi.Fakultas / Departemen Telah Memiliki Kebijakan Formal Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi Dan Evaluasi VMTS Untuk Pengembangan Fakultas / Departemen Dan Program Studi.1. Dokumen Penyusun (Tim ). 2. Pedomann Penyusunan Dan Peninjauan VMTS (Kebijakan Berisi VMTS UPPS Dan PRODI Sesuai Dengan VTMS PT Yang Memayung Visi Ilmuan Prodi Dan Peninjauan Visi) , 3.Standar Mutu Visi Misi, 4. SK Penetapan, 5. RIP, Renstra Renop Fakultas, 6. Keterpahaman Visi Melului Evaluasi Visi Misi, 7. RTM Dan RTLView
1.2Fakultas / Departemen Memiliki VMTS Yang Disusun Dengan Latar Belakang, Tujuan, Rasional, Mekanisme Dan Kesesuaian Dengan VMTS Universitas Dan Mampu Memayungi Keunikan Keilmuan Program Studi.Fakultas / Departemen Telah Memiliki VMTS Yang Disusun Dengan Latar Belakang, Tujuan, Rasional, Mekanisme Dan Kesesuaian Dengan VMTS Universitas Dan Mampu Memayungi Keunikan Keilmuan Program Studi.1. Pedomann Penyusunan Dan Peninjauan Visi, 2. Standar Mutu Visi Misi, 3. SK Penetapan, 5. Rip, Renstra Renop Fakultas, 6. Keterpahaman Visi, 7. Evaluasi Visi Misi, Visi Universitas, Fakultas ProdiView
1.3Fakultas / Departemen Memiliki Mekanisme Yang Melibatkan Semua Pemangku Kepentingan Dalam Penyusunan VMTS.Fakultas / Departemen Telah Memiliki Mekanisme Yang Melibatkan Semua Pemangku Kepentingan Dalam Penyusunan VMTS.Bukti Keterlibatan Stakeholder Dalam Penyusunan VisiView
1.4Fakultas / Departemen Memiliki Rencana Strategis Dan Rencana Operasional Yang Disusun Berdasarkan Analisis Yang Sistematis, Serta Pada Pelaksanaannya Dilakukan Pemantauan Dan Evaluasi Yang Ditindaklanjuti.Fakultas / Departemen Telah Memiliki Rencana Strategis Dan Rencana Operasional Yang Disusun Berdasarkan Analisis Yang Sistematis, Serta Pada Pelaksanaannya Dilakukan Pemantauan Dan Evaluasi Yang Ditindaklanjuti.RIP, Rensta, Renop, Dan Evaluasi, Tindak Lanjut (RTM RTL)View
2.1Fakultas/ departemen memiliki struktur organisasi dan tata kerja yang dilengkapi tugas dan fungsinya dan menjalankannya secara efektif dan efisien.Fakultas/ departemen telah memiliki struktur organisasi dan tata kerja yang dilengkapi tugas dan fungsinya dan menjalankannya secara efektif dan efisien.1. pedoman tata kelola, 2. Job diskrisption, 3. sk srtuktur organisasi, 4. standar tata kelola. 5, analisis jabatanView
2.2Fakultas / Departemen Menerapkan Prinsip Good Governance Dan Pemenuhan Lima Pilar Sistem Tata Pamong Yang Mencakup: (1) Kredibel (2) Transparan (3) Akuntabel, (4) Bertanggung Jawab, (5) Adil Untuk Menjamin Penyelenggaraan Program Studi Yang Bermutu.Fakultas / Departemen Telah Menerapkan Prinsip Good Governance Dan Pemenuhan Lima Pilar Sistem Tata Pamong Yang Mencakup: (1) Kredibel (2) Transparan (3) Akuntabel, (4) Bertanggung Jawab, (5) Adil Untuk Menjamin Penyelenggaraan Program Studi Yang Bermutu.1. Kredibilitas Berkaitan Mengambil Keputusan (Rakerpim), Laporan Persiapan Semester, 2. Transparan Proses Seleksi Dosen, Proses Penentuan Bimbingan Mhs Dst, 3. Akun Tabel Laporan Kinerja Pimpinan, LKD, SKP, 4. Bertanggung Jawab Terkait Dengan RTM, RTL, 5. Adil Pembagian Kinerja Dosen Tridharma PT, LKD, Flotting DosenView
2.3Fakultas / Departemen Mempunyai Komitmen Dalam Menjalankan Kepemimpinan Operasional, Organisasional, Dan Publik.Fakultas / Departemen Telah Mempunyai Komitmen Dalam Menjalankan Kepemimpinan Operasional, Organisasional, Dan Publik.1. Operasional Berkaitan Tata Kelola, 2. Publik Berkaiatan Dengan Kontribusi Kaprodi Dan Pimpinan Di MsyarakatView
2.4Pimpinan Fakultas/ departemen: 1. Melaksanakan 7 fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penempatan personel, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan, koordinasi, dan pelaporan) secara efektif dan efisien. 2. Melaporkan kinerja Fakultas/ departemen (LKPS) dan mengevaluasinya sebagai dasar perbaikan dan/atau tindak lanjut (LED) setiap tahun. 3. Melakukan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah.Pimpinan Fakultas/ departemen telah: 1. Melaksanakan 7 fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penempatan personel, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan, koordinasi, dan pelaporan) secara efektif dan efisien. 2. Melaporkan kinerja Fakultas/ departemen (LKPS) dan mengevaluasinya sebagai dasar perbaikan dan/atau tindak lanjut (LED) setiap tahun. 3. Melakukan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah.1. Planing berkaitan renstra renop prodi, renstra penelitian dan pengabdian prodi, program kerja prodi, dst, 2. pengorganisasi berkitan pembelajaran ada penetapan kurikulum , rps, pelaksanaan mutu disemua aspek, 3 staffing berkaitan dengan pembagian kinerja di struktur organisasi, 4. Leading berkaitan dengan tugas-tugas prodi, 5. Pengendalian dn evaluasi berikatan dengan audit dan monif (kepuasan) B. Laporan Kinerja Fakultas RTM RTL c. Program Pengembangan dosen, karywan dan saranaView
2.5Fakultas / Departemen Menjalin Kerjasama Kelembagaan Dengan Lembaga Dari Dalam Dan Luar Negeri Minimal Sebanyak 3 Kerjasama Internasional Dan 12 Kerjasama Nasional Dalam 3 Tahun Terakhir Yang Memenuhi 3 Aspek Berikut: 1) Memberikan Manfaat Bagi Program Studi Dalampemenuhan Proses Pembelajaran, Penelitian, PKM 2) Memberikan Peningkatan Kinerja Tridharma & Fasilitas Pendukung Program Studi. 3) Memberikan Kepuasan Kepada Mitra Kerjasama, Serta Menjamin Keberlanjutan Kerjasama Dan Hasilnya.Fakultas / Departemen Telah Menjalin Kerjasama Kelembagaan Dengan Lembaga Dari Dalam Dan Luar Negeri Minimal Sebanyak 3 Kerjasama Internasional Dan 12 Kerjasama Nasional Dalam 3 Tahun Terakhir Yang Memenuhi 3 Aspek Berikut: 1) Memberikan Manfaat Bagi Program Studi Dalam Pemenuhan Proses Pembelajaran, Penelitian, PKM 2) Memberikan Peningkatan Kinerja Tridharma & Fasilitas Pendukung Program Studi. 3) Memberikan Kepuasan Kepada Mitra Kerjasama, Serta Menjamin Keberlanjutan Kerjasama Dan Hasilnya.1. Kebijakan Kerjasama, Pedoman Kerjasama, Bukti MOU, Bukti Pelaksanaan Kerjasama, Laporan Bukti Kerjasama, (Dirinci Sesuai Tridharma PT) 2. Evaluasi Kerjasama (Kepuasan Mitra Kerjasama) 3. RTM Dan RTL No 9 Pengukuran BANPT Dengan Asumsi Dosen Prodi 10 Maka Untuk Mendapatkan Nilai 4 : Kerjasama Pdd = 8, Penelitian = 4, Pengabdian = 10, Kerjasama Internasional = 3 View
2.6Fakultas / Departemen Memiliki Unit Penjaminan Mutu Dan Menerapkan SPMI (Akademik Dan Non Akademik) Yang Dibuktikan Dengan 5 Aspek: (1) Dokumen Legal Pembentukan Unsur Pelaksana Penjaminan Mutu (2) Ketersediaan Dokumen Mutu: Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI, Dan Formulir SPMI (3) Terlaksananya Siklus Penjaminan Mutu (Siklus PPEPP) (4) Bukti Sahih Efektivitas Pelaksanaan Penjaminan Mutu (5) Memiliki External Benchmarking Dalam Peningkatan MutuFakultas / Departemen Telah Memiliki Unit Penjaminan Mutu Dan Menerapkan SPMI (Akademik Dan Non Akademik) Yang Dibuktikan Dengan 5 Aspek: (1) Dokumen Legal Pembentukan Unsur Pelaksana Penjaminan Mutu (2) Ketersediaan Dokumen Mutu: Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI, Dan Formulir SPMI (3) Terlaksananya Siklus Penjaminan Mutu (Siklus PPEPP) (4) Bukti Sahih Efektivitas Pelaksanaan Penjaminan Mutu (5) Memiliki External Benchmarking Dalam Peningkatan Mutu1. Legalitas Unit Penjaminan Mutu, 2. Kebijakan Mutu, Manual Mutu, Standar Mutu, Formulir, 3. Evaluasi AMI (Survey-2), 4. RTM, 5. RTLView
2.7Fakultas / Departemen Menyusun Perencanaan Penjaminan Mutu Untuk Unitnya Masing-MasingFakultas / Departemen Telah Menyusun Perencanaan Penjaminan Mutu Untuk Unitnya Masing-Masing1. Legalitas Unit Penjaminan Mutu, 2. Kebijakan Mutu, Manual Mutu, Standar Mutu, Formulir, 3. Evaluasi AMI (Survey-2), 4. RTM, 5. RTLView
2.8Fakultas/ departemen melaksanakan program dan kegiatan untuk mencapai standar SPMI sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkanFakultas/ departemen telah melaksanakan program dan kegiatan untuk mencapai standar SPMI sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan1. Bukti Audit, 2. Bukti Monev (Survey Kepuasaan), 3. RTM, 4. RTLView
2.9Fakultas/ departemen mengevaluasi pencapaian standar dan pelaksanaan prosedur secara berkala dan berkelanjutan minimal 1 siklus per tahunFakultas/ departemen telah mengevaluasi pencapaian standar dan pelaksanaan prosedur secara berkala dan berkelanjutan minimal 1 siklus per tahunSepertii 1. Capaian Evaluasi Renstra, IKU dan IKTView
2.10Fakultas/ departemen melakukan pengendalian implementasi standar SPMIFakultas/ departemen telah melakukan pengendalian implementasi standar SPMI1. Semua aspek (Standar-2 dan Survey Kepuasan) di RTM dan di RTLView
2.11Fakultas/ departemen meningkatkan standar mutu untuk semua aspek mutu secara berkelanjutanFakultas/ departemen telah meningkatkan standar mutu untuk semua aspek mutu secara berkelanjutanDalam bentuk Laporan Tindak LanjutView
2.12Fakultas/ departemen melakukan pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra terhadap layanan manajemen yang memenuhi aspek-aspek berikut: (1) Menggunakan instrumen kepuasan yang sahih, andal, mudah digunakan, (2) Dilaksanakan secara berkala, serta datanya terekam secara komprehensif, (3) Dianalisis dengan metode yang tepat serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan, (4) Tingkat kepuasan dan umpan balik ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan mutu luaran secara berkala dan tersistem, (5) Dilakukan review terhadap pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan mahasiswa, serta (6) Hasilnya dipublikasikan dan mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa dan menindaklanjuti hasilnya minimal satu kali setiap tahun.Fakultas/ departemen telah melakukan pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra terhadap layanan manajemen yang memenuhi aspek-aspek berikut: (1) Menggunakan instrumen kepuasan yang sahih, andal, mudah digunakan, (2) Dilaksanakan secara berkala, serta datanya terekam secara komprehensif, (3) Dianalisis dengan metode yang tepat serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan, (4) Tingkat kepuasan dan umpan balik ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan mutu luaran secara berkala dan tersistem, (5) Dilakukan review terhadap pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan mahasiswa, serta (6) Hasilnya dipublikasikan dan mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa dan menindaklanjuti hasilnya minimal satu kali setiap tahun.1. Kepuasan dosen, 2. Kepuasan tendik, 3. kepuasan mhs, 4. kepuasan mitra Jika pilihan jawaban survey 1, 2, 3 dan 4 , maka untuk mendapat skor maksimal, nilai yang dipilih oleh responden harus nilai 3 dan nilai 4View
2.13Fakultas/ departemen mengimplementasikan manajemen risiko untuk menjamin keberlangsungan fakultas/ departemen dan program studi yang dibuktikan dengan dokumen yang sahih.Fakultas/ departemen telah mengimplementasikan manajemen risiko untuk menjamin keberlangsungan fakultas/ departemen dan program studi yang dibuktikan dengan dokumen yang sahih.Belum ada dokumen tentang manajemen resikoView
2.14Fakultas/ departemen mengalokasikan sumber daya yang sangat memadai dalam bentuk anggaran dana, fasilitas dan pelaksana untuk pencapaian standar mutu terkait tata kelola, tata pamong dan kerjasama kelembagaan.Fakultas/ departemen telah mengalokasikan sumber daya yang sangat memadai dalam bentuk anggaran dana, fasilitas dan pelaksana untuk pencapaian standar mutu terkait tata kelola, tata pamong dan kerjasama kelembagaan.RAPBU Lembaga dan Fakultas ProdiView
2.15Fakultas/ departemen melaporkan pencapaian kinerja yang telah ditetapkan di setiap kriteria (standar mutu yang terkait dengan tata pamong, tata kelola, kerjasama kelembagaan dan penjaminan mutu) dan publikasi capaian kinerja dan hasil analisisnya.Fakultas/ departemen melaporkan pencapaian kinerja yang telah ditetapkan di setiap kriteria (standar mutu yang terkait dengan tata pamong, tata kelola, kerjasama kelembagaan dan penjaminan mutu) dan publikasi capaian kinerja dan hasil analisisnya.RTM dan RTLView
3.1Program studi menyerap jumlah calon mahasiswa hingga 5 kali kapasitas daya tampung program studi.Jumlah calon mahasiswa pendaftar di prodi mencapai 5 kali kapasitas daya tampung prodi.1. Kebijakan penmaru, 2. kebijakann layanan kemahasiswaan, 3. Kebijakan keorganisasian mhs, 4. roadmap pengembangan kmhs, 5. SK daya tampung, 6. bukti seleksi, View
3.2Program studi memiliki data administrasi yang jelas dan dilengkapi dengan bukti tentang keberadaan mahasiswa asing di program studinya.Jumlah mahasiswa asing minimal 1% dari keseluruhan jumlah mahasiswa program studibukti mahasiswa asingView
3.3Fakultas/ departemenmelakukan berbagai upaya untuk meningkatkan animo calon mahasiswa lebih besar 10% dalam 3 tahun terakhir.Peningkatan jumlah pendaftar program studi naik lebih dari 10% setiap 3 tahun1. bukti promosi,2. bukti keterlibatan alumni peningkatan mhs baru, 3. mitra View
3.4Fakultas/ departemen menyediakan layanan kemahasiswaan di bidang: 1. penalaran, minat dan bakat, 2. kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan), dan 3. bimbingan karir dan kewirausahaan.Tersedianya layanan bimbingan konseling, pengembangan bakat dan minat, layanan beasiswa, layanan kesehatan, bimbingan karir, pengembangan softskill dan kewirausahaan yang dapat diakses dan digunakan oleh mahasiswa1. Bukti bidang penalaran, 2. Minat dan Bakat, 3. Kesejahtean mhs beasiswa, 4. bimbingan konseling (bukti), Bukti bimibngan akademik, layanan kesehatan, bukti bimbignan karirView
3.5Fakultas/ departemen menyediakan kemudahan akses dan menjaga mutu layanan yang baik untuk bidang penalaran, minat bakat mahasiswa, beasiswa dan semua jenis layanan kesehatan.Tersedianya akses layanan bidang penalaran, minat bakat mahasiswa, beasiswa dan semua jenis layanan kesehatan yang bermutu dan dapat digunakan mahasiswa1. Sop tentang pendaftaran ukm, 2. Sop akses kesehatan, Sop bimbingan karier dstView
3.6Fakultas/ departemen memiliki standar dan prosedur seleksi mahasiswa dan telah menjalankannya secara konsisten selama 3 tahun terakhir.Tersedianya standar dan prosedur seleksi mahasiswa yang telah terlaksana secara konsisten selama 5 tahun terakhir1. Pedoman penmaru, 2. sop penmaru, View
3.7Fakultas/ departemen melakukan monitoring dan evaluasi seleksi mahasiswa serta semua jenis pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa secara konsistenTerlaksananya monitoring dan evaluasi seleksi mahasiswa serta semua jenis layanan kemahasiswaan selama 3 tahun terakhir1. Evalusi monev penmaru, 2. Monev layanan kemahasiswaan, 3. Monev keorganisasian kmhs, 4. Monev beasiswa, 5 monev bimbingan karierView
3.8Fakultas dan/atau program studi memiliki dokumen kebijakan mutu, standar mutu, prosedur mutu dan instruksi kerja dalam rangka penjaminan mutu metode rekrutmen mahasiswa, sistem seleksi mahasiswa, dan layanan kemahasiswaan.Terlaksananya penjaminan mutu terhadap seleksi mahasiswa dan semua jenis layanan kemahasiswaan dalam 5 tahun terakhir.1. Kebijakan penmaru, 2. kebijakann layanan kemahasiswaan, 3. Kebijakan keorganisasian mhs, 4. roadmap pengembangan kmhs, 5. SK daya tampung, 6. bukti seleksi, 7. RTM dan RTLView
3.9Fakultas dan/atau program studi melaksanakan survei kepuasan pengguna layanan kemahasiswaan yang dilakukan secara rutin menggunakan instrument yang valid dan reliable dan menggunakan hasilnya untuk perbaikan layanan kepada mahasiswa.Terlaksananya survey kepuasan pengguna layanan kemahasiswaan secara konsisten dalam 5 tahun terkahir dibuktikan dengan laporan yang sahih1. Kepuasan mhs thd layanan kmhs, 2. kepuasan pengajaran, 3. RTM dan RTLView
3.10Program studi menerima mahasiswa transfer maksimal 5% dari keseluruhan jumlah mahasiswa reguler.Jumlah mahasiswa transfer di program studi maksimal 5% dari keseluruhan jumlah mahasiswa regulerLaporan bukti mahasiswa transfer View
3.11Fakultas/ departemen memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan nonkurikuler dalam rangka pemenuhan kredit keaktifan mahasiswa (KKM)Terselenggaranya minimal 10 kegiatan nonkurikuler setiap tahun secara konsistenLaporan ekstra kurikuler, orling, sepak bola dllView
4.1Program studi melibatkan minimal 12 dosen tetap dalam penyelenggaraan pendidikan.Terdapat minimal 12 dosen yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di program studi, baik dosen tetap maupun tidak tetap program studibukti screenshot pddikti View
4.2Program studi memiliki minimal 50% dosen tetap dengan pendidikan S3 dari keseluruhan jumlah dosen.Terdapat minimal 50% dosen tetap program studi yang telah berpendidikan S3bukti screenshot pddikti View
4.3Program studi memiliki minimal 70% dosen dengan Jafa GB/LK/L dari keseluruhan jumlah dosen.Terdapat minimal 70% dosen tetap program studi yang telah mencapai jenjang jabatan fungsional akademik guru besar atau lektor kepalabukti screenshot pddikti View
4.4Program studi memiliki lebih dari 80% dosen bersertifikat profesional dari keseluruhan jumlah dosen.Terdapat minimal 80% dosen program studi yang telah memiliki sertifikat professional dosenBukti Sertifikat PendidikView
4.5Program studi menggunakan dosen tidak tetap maksimal sebanyak 10% dari keseluruhan jumlah dosen tetap Program studi dan seluruhnya telah memiliki NUP/NIDK/NIDN.Terdapat maksimal 10% dosen tidak tetap yang mengajar di program studiBukti screenshot pddikti View
4.6Program studi memiliki rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap program studiantara 15-25 mahasiswa per dosen untuk PS sains dan teknologi atau 25-35 mahasiswa per dosen untuk PS sosial humaniora.Terpenuhinya rasio jumlah dosen tetap terhadap mahasiswa antara 15-25 mahasiswa per dosen untuk PS sains dan teknologi atau 25-35 mahasiswa per dosen untuk PS sosial humanioraBukti screenshot pddikti View
4.7Fakultas/ departemen menugaskan 1 dosen menjadi pembimbing utama maksimal 6 orang mahasiswa.Terpenuhinya prosentase minimal 75% mahasiswa tugas akhir dibimbing oleh dosen tetap prodiRekapitulasi Jumlah BimbinganView
4.8Program studi mengatur beban kerja dosen yang ideal dalam bidang pendidikan, penelitian, PkM, dan tugas tambahan, yaitu 12-16 sks per dosen per semester.Terlaksananya pembagian pembimbing tugas akhir untuk semua mahasiswa tugas akhir dimana setiap dosen maksimal menjadi pembimbing untuk 10 orang mahasiswaLaporan Kinerja DosenView
4.9Program studi mendapat pengakuan atas prestasi/ kinerja minimal 50% dosennya selama 3 tahun terakhir dalam berbagai bentuk.Terdapat penghargaan untuk dosen prodi selama 3 tahun terakhir dalam bentuk : 1. Menjadi visiting professor di perguruan tinggi nasional/ internasional. 2. Menjadi keynote speaker/ invited speaker pada pertemuan ilmiah tingkat nasional/ internasional. 3. Menjadi staf ahli di lembaga tingkat nasional/ internasional. 4. Menjadi editor atau mitra bestari pada jurnal nasional terakreditasi/ jurnal internasional bereputasi. 5. Mendapat penghargaan atas prestasi dan kinerja di tingkat nasional/ internasional.Bukti dokumennya/sertifikat/surat keteranganView
4.10Fakultas/ departemen merencanakan dan melakukan pengembangan dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan rencana pengembangan SDM di perguruan tinggi (Renstra PT) secara konsisten.Terlaksananya program pengembangan dosen dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan rencana pengembangan SDM di perguruan tinggi1. Bukti Roadmap pengembangan dosen, 2 Bukti Studi lanjut, View
4.11Fakultas/ departemen memiliki tenaga kependidikan yang memenuhi tingkat kecukupan dan kualifikasi berdasarkan kebutuhan layanan program studi: pelaksanaan akademik, fungsi unit pengelola, dan pengembangan program studi.Terlaksananya program pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan rencana pengembangan SDM di perguruan tinggi1. Roadmap pengembangan teknik, 2. bukti pengembangan tendik (pelatihan)View
4.12Fakultas/ departemen memiliki jumlah laboran yang cukup sesuai jumlah laboratorium yang digunakan, kualifikasinya sesuai dengan laboratorium yang menjadi tanggungjawabnya, dan bersertifikat laboran serta bersertifikat kompetensi tertentu sesuai bidang tugasnya.Fakultas/ departemen memiliki jumlah laboran yang cukup terhadap jumlah laboratorium yang digunakan program studi, kualifikasinya sesuai dengan laboratorium yang menjadi tanggungjawabnya, serta bersertifikat laboran dan bersertifikat kompetensi tertentu sesuai bidang tugasnya.1. Jumlah laboran, 2. Kualifikasi penanggung jawab laboran (Sertifikat) sesuai bidangnyaView
4.13Program studi memiliki data dan dokumen pendukung yang lengkap keikutsertaan dosen dan tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan pengembangan kompetensi seperti seminar, workshop, symposium, dll.Program studi memiliki data dan dokumen pendukung lengkap keikutsertaan dosen dan tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan pengembangan kompetensi (seminar, workshop, simposium, dll).1. Bukti sertifikat seminar, 2. Workshop, 3. PelatihanView
4.14Program studi memiliki prosedur monitoring dan evaluasi rekrutmen, seleksi, penempatan, pengembangan, retensi, pemberhentian, dan pensiun yang telah dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.Program studi memiliki prosedur monitoring dan evaluasi rekrutmen, seleksi, penempatan, pengembangan, retensi, pemberhentian serta pensiun dan telah dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.1. Pedoman Kepegawaian, rekruitmen, penempatan, 2. Bukti monev, 3. RTM, RTL, Survey Kepuasan Dosen, Survey Kepuasan TendikView
4.15Fakultas/ departemen dan/atau program studimemiliki instrumen dan bukti yang sahih dan andal tentang pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan pengelolaan dan pengembangan SDM yang dilaksanakan secara konsisten dan ditindaklanjuti hasilnya secara berkala dan tersistem.Fakultas/ departemen dan/atauprogram studi memiliki instrumen dan bukti yang sahih dan andal tentang pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan pengelolaan dan pengembangan SDM yang dilaksanakan secara konsisten dan ditindaklanjuti hasilnya secara berkala dan tersistem.View
5.1Program studi mencapai rata-rata dana operasional pendidikan (DOP) minimal 20 juta rupiah per mahasiswa per tahun dalam 3 tahun terakhir.Tercapainya DOP sebesar 20 juta per mahasiswa per tahun. Rencana Anggaran Keuangan (Rincian pendidikan)View
5.2Program studi memperoleh rata-rata dana penelitian minimal 10 juta rupiah per dosen per tahun dalam 3 tahun terakhir.Tersedianya dana untuk penelitian dosen 10 juta per dosen per tahun.Rencana Anggaran Keuangan ( Rencana penelitian)View
5.3Program studi memperoleh rata-rata dana PkM minimal 5 juta rupiah per dosen per tahun dalam 3 tahun terakhir.Rata-rata dana untuk PKM dosen yang diperoleh program studi minimal 5 juta per dosen per tahun.Rencana Anggaran Keuangan (Rencana pengabdian)View
5.4Fakultas/ departemen telah melakukan realisasi investasi (SDM dosen dan kependidikan, sarana dan prasarana) yang mendukung penyelenggaraan Tridharma PT yang sesuai dengan perencanaan.Realisasi investasi (SDM, sarana dan prasarana) memenuhi seluruh kebutuhan akan penyelenggaraan program pendidikan, penelitian dan PkM serta memenuhi standar perguruan tinggi terkait pendidikan, penelitian dan PkM.Laporan KeuanganView
5.5Fakultas/ departemen menyediakan dana untuk menjamin keberlangsungan pengembangan tridharma 3 tahun terakhir serta memiliki kecukupan dana untuk rencana pengembangan 3 tahun ke depan yang didukung oleh sumber pendanaan yang realistis seperti biaya pendidikan, dana hibah, sumbangan alumni dan sumber lainnya.Dana dapat menjamin keberlangsungan operasional tridharma, pengembangan 3 tahun terakhir serta memiliki kecukupan dana untuk rencana pengembangan 3 tahun ke depan yang didukung oleh sumber pendanaan yang realistis.Rencana KeuanganView
5.6Fakultas/ departemen menyediakan sarana pendidikan yang mutakhir (sesuai dengan perkembangan IPTEKS) dan siap digunakan serta aksesibilitas yang cukup untuk pembelajaran, penelitian dan PkM dan meningkatkan suasana akademik.Fakultas/ departemen menyediakan sarana pendidikanyang mutakhir dan siap digunakanserta aksesibiltas yang cukup untuk pembelajaran, penelitian dan PkMdan meningkatkan suasana akademik.1. Daftar kelas, 2. Daftar Lab, 3. Daftar ruang dosen, 4. Daftar Ruang pimpinan dstView
5.7Fakultas/ departemen memiliki kecukupan prasarana yang terukur dari ketersediaan (sesuai dengan criteria SN-Dikti), kemuthakiran dan kesiapgunaan yang mencakup fasilitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk fasilitas untuk sivitas akademika penyandang disabilitas.Fakultas/ departemen menyediakan prasarana yang cukup sesuai kriteria SN- Dikti, mutakhir dan siap digunakan untuk kegiatan tridharma, termasuk fasilitas bagi penyandang disabilitas.Sarana disabilitasView
5.8Fakultas/ departemen memiliki dan menjalankan kebijakan, standar dan prosedur pengelolaan keuangan (perencanaan, pengajuan dan pertanggungjawaban).Fakultas/ departemen memiliki dan menjalankan kebijakan, standar dan prosedur pengelolaan keuangan sesuai standar pengelolaan keuangan Unitomo secara konsisten.1. Pedoman Standar Pembiayaan (Biaya Bimbingan Skripsi, Biaya Ujian Skripsi)View
5.9Fakultas/ departemen telah memiliki dan menjalankan kebijakan, standar, prosedur pengelolaan sarana prasarana (perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan penghapusan) secara konsisten.Fakultas/ departemen memiliki dan menjalankan kebijakan, standar, dan prosedur pengelolaan sarana dan prasarana sesuai standar pengelolaan sarana dan prasarana Unitomo secara konsisten.1. Ada pedoman penggunaan sarana, 2. Rencana pengembangan sarpras, 3. Monev sarpras, 4. RTM dan RTLView
5.10Fakultas/ departemen memiliki sarana teknologi informasi dan komunikasi yang cukup, mutakhir dan siap digunakan untuk mengumpulkan data, mengelola data pendidikan dan menyebarkan ilmu pengetahuan.Fakultas/ departemen memiliki sarana teknologi informasi dan komunikasi yang cukup, mutakhir dan siap digunakan untuk mengumpulkan data, mengelola data pendidikan dan menyebarkan ilmu pengetahuan.1. Siakad, 2. Lik, sister, 3. Simpeg, 4. Monev dan 5. RTM dan RTLView
5.11Fakultas/ departemen memiliki instrumen survey kepuasan pelanggan untuk para pengguna sarana, prasarana, manajemen keuangan dan sistem informasi dan komunikasi yang valid dan reliable, serta telah digunakan secara konsisten dan rutin untuk menghasilkan dokumen yang dapat digunakan untuk perbaikan secara berkala dan tersistem.Fakultas/ departemen memiliki instrumen survey kepuasan pelanggan untuk para pengguna sarana, prasarana, manajemen keuangan dan sistem informasi dan komunikasi yang valid dan reliable, melaksanakan, merekam, menganalisis dan menindaklanjuti untuk perbaikan secara berkala dan tersistem.1. Ada survey Kepuasan dosen, 2. Survey Kepuasan Mahasiswa, 3. Survey Kepuasan Tedik, 4. RTM dan RTLView
6.1Program studi melakukan evaluasi dan pemutakhiran kurikulum secara berkala tiap 4 s.d. 5 tahun yang melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi, serta sesuai perkembangan ipteks dan kebutuhan pengguna.Terlaksananya pemutakhiran kurikulum prodi setiap 4-5 tahun sekali dengan melibatkan semua pemangku kepentingan internal dan eksternal dalam proses pemutakhiran hingga reviewnya1. Kebijakan Pengembangan kurikulum, 2, Pedoman pengembangan kurikulum, 3. Laporan evaluasi kurikulum , 4. Laporan pengembangan kurikulum, 5. Pedoman pelaksanaan kurikulum, View
6.2Program studi memiliki capaian pembelajaran yang diturunkan dari profil lulusan yang mengacu pada hasil kesepakatan dengan asosiasi/ profesi dan memenuhi level KKNI.1. Tersusunnya profil lulusan yang sesuai dengan KKNI dan asosiasi profesi 2. Tersusunnya CP yang sesuai dengan profil lulusan1. Buku kurikulum sesuai pedoman dan 2. Templet kurikulumView
6.3Program studi memiliki struktur kurikulum yang sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan.1. Tersedianya kurikulum prodi yang strukturnya sesuai dengan CP dan berdaya saing internasional 2. Tersedianya matakuliah pilihan1. Buku kurikulum sesuai pedoman dan 2. Templet kurikulumView
6.4Program studi menjamin terlaksananya proses pembelajaran yang bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa serta telah menghasilkan lulusan yang sesuai dengan capaian pembelajaran.1. Terlaksananya pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa 2. Terlaksananya monev ketercapaian CP prodi setiap tahun1. Pedoman pelaksanaan pembelajaran, 2. Evaluasi pelaksanaan pembelajaranView
6.5Program studi memiliki dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk semua mata kuliah yang direview secara berkala, dapat diakses oleh mahasiswa dan memuat target capaian pembelajaran, bahan kajian, metode pembelajaran, waktu, tahapan, dan asesmen hasil capaian pembelajaran.1. Tersedianya RPS untuk semua matakuliah prodi 2. Terpenuhinya konten semua komponen RPS mulai dari CP, bahan kajian, metode, waktu, tahapan, dan asesmen hasil capaian pembelajaran1.Pedoman Penyusunan RPS, 2. Bukti RPS, 3. Movev RPS, Laporan Movev, 4. RTM dan RTLView
6.6Program studi menjamin kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.Isi materi pembelajaran sesuai dengan RPS, memiliki kedalaman dan keluasan yang relevan untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan, serta ditinjau ulang secara berkala.1. Monev materi pembelajaran, 2. RTM dan RTLView
6.7Program studi menerapkan model pembelajaran blended learning dan terdokumentasi.Terlaksananya pembelajaran blended learning melalui F-Learn untuk minimal 1 matakuliah per dosen per semester1. Monev materi pembelajaran, 2. RTM dan RTLView
6.8Program studi memiliki bukti sahih yang menunjukkan metode pembelajaran yang efektif dalam mendukung capaian pembelajaran pada mata kuliah.Program studi memiliki bukti sahih adanya sistem dan pelaksanaan pemantauan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara periodik untuk menjamin kesesuaian dengan RPS dalam rangka menjaga mutu proses pembelajaran pada seluruh MK. Hasil monev terdokumentasi dengan baik dan digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.1. Monev perkuliahan, 2. Monev RPS, 3. Monev Materi, 4. Monev soal ujian, 5. Monif pengukuran kepuasan mhs thd dosen (perdosen), 6. RTM dan RTLView
6.9Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk praktikum, praktik, atau praktik lapanganTerlaksananya pembelajaran dalam bentuk praktikum, praktik, atau praktik lapangan di program studi minimal 20% dari keseluruhan jam pembelajaran.1. Bukti BAP, Absen Mhs, View
6.10Fakultas/ departemen melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.Fakultas/ departemen memiliki bukti sahih tentang sistem dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa yang dilaksanakan secara konsisten dan ditindak lanjuti1. Monev perkuliahan, 2. Monev RPS, 3. Monev Materi, 4. Monev soal ujian, 5. Monif pengukuran kepuasan mhs thd dosen (perdosen), 6. RTM dan RTLView
6.11Program studi menjamin lebih dari 70% dari jumlah mata kuliah menerapkan metode penilaian yang edukatif, otentik, objektif, akuntabel dan transparan, terintegrasi dan dilengkapi dengan rubrik/portofolio yang memuat unsur-unsur pendokumentasian pelaksanaan proses pembelajaran yang memenuhi SNPT.Terimplementasinya metode penilaian yang edukatif, otentik, objektif, akuntabel dan transparan, terintegrasi dan dilengkapi dengan rubrik/portofolio yang memuat unsur-unsur pendokumentasian pelaksanaan proses pembelajaran yang memenuhi SNPT paling sedikit pada 70% matakuliah program studi.1. Pedoman pelaksanaan UTS dan UAS, 2. Movev soal ujian dan Kedalamnya Soal ujian , 3. RTM dan RTLView
6.12Program studi melaksanakan penilaian dengan menggunakan teknik penilaian yang terdiri dari observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan dan angket, serta menggunakan instrumen penilaian yang terdiri dari penilaian proses dalam bentuk rubrik dan/atau penilaian hasil dalam bentuk portofolio atau karya disain.Terlaksananya penilaian pembelajaran di program studi dengan teknik penilaian yang terdiri dari observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan dan angket, serta menggunakan instrumen penilaian yang terdiri dari penilaian proses dalam bentuk rubrik dan/atau penilaian hasil dalam bentuk portofolio atau karya disain.1. Pedoman pelaksanaan UTS dan UAS, 2. Movev soal ujian dan Kedalamnya Soal ujian , 3. RTM dan RTLView
6.13Program studi melaksanakan penilaian pembelajaran yang memuat unsur-unsur: 1. Mempunyai kontrak penilaian, 2. Melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan, 3. Memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa, 4. Mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa, 5. Mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, dan pemberian nilai akhir, 6. Pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka, dan 7. Mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.Terlaksananya penilaian pembelajaran yang memuat unsur-unsur: 1. Mempunyai kontrak penilaian, 2. Melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan, 3. Memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa, 4. Mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa, 5. Mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, dan pemberian nilai akhir, 6. Pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka, dan 7. Mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian. 1. RPS, 2. Kontrak Perkuliahan, 3. Soal ujian dan nilai khs, 4. Monev soal dan pelaksanaan ujian, 5. RTM dan RTL View
6.14Program studi menjamin teritegrasinya hasil penelitian/PkM dalam kegiatan pembelajaran yang dibuktikan dengan dokumen yang memuat judul penelitian dan PkM, nama dosen yang melaksanakan, nama MK dan bentuk integrasi yang dilakukan dalam 3 tahun terakhir.Terlaksananya pengintegrasian hasil penelitian dan PkM ke dalam pembelajaran minimal 1 matakuliah per dosen per semester1. bukti modul yang dikembangkan hasil penelitian dan PkM, 2. Pengembangan materi ajar dari hasil Penilitian dan PkMView
6.15Program studi melaksanakan program dan kegiatan di luar pembelajaran terstruktur secara berkala untuk meningkatkan suasana akademik.Terlaksananya program dan kegiatan diluar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik secara terjadwal setiap bulan.1. Bukti kegiatan diluar perkuliahan (seminar) dosen tamu, 2. Kegiatan studi lainView
6.16Program studi mengukur kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan tiap semester yang mencakup aspek keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan tangible, serta hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa lebih dari 75%.Terlaksananya survey kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan tiap semester yang mencakup aspek keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan tangible, serta hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa lebih dari 75%.1. Instrumen kepuasan mhs thd dosen, 2. Laporan Hasil Survey Kepuasan mahasiswa terhadap dosen, View
6.17Program studi menganalisis hasil pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan, menindaklanjuti minimal 2 kali setiap semester, serta menggunakannya untuk perbaikan proses pembelajaran dan menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran.Terlaksananya analisis hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan dan pembelajaran tiap semester dan hasilnya digunakan untuk peningkatan hasil pembelajaranRTM & RTLView
7.1Relevansi penelitian pada fakultas/ departemen mencakup: 1. Memiliki peta jalan yang memayungi tema penelitian dosen dan mahasiswa, 2. Penelitian dosen & mahasiswa sesuai dengan agenda dosen yang merujuk pada peta jalan penelitian, 3. Melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dengan peta jalan penelitian serta 4. Menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian & pengembangan keilmuan program studi1. Fakultas, departemen dan/atau program studi memiliki peta jalan yang memayungi tema penelitian dosen dan mahasiswa. 2. Pelaksanaan penelitian dosen & mahasiswa telah sesuai dengan agenda dosen yang merujuk pada peta jalan penelitian. 3. Fakultas, departemen dan/atau program studi telah melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dengan peta jalan penelitian serta. 4. Fakultas, departemen dan/atau program studi telah menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian & pengembangan keilmuan program studi.1. Roadmap penelitian prodi dan dosen di prodi, 2. laporan penelitian dosen melibatkan mhs, 3. evaluasi monif hasil penelitian dosen dg roadmap, 4. rtm dan rtlView
7.2Program studi menghasilkan dan mendokumentasikan penelitian dasar dan terapan yang memiliki manfaat teoritis dan praktis, memuat prinsip-prinsip kemanfaatan, kemutakhiran dan mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang yang layak untuk dipublikasikan pada tingkat nasional dan internasional.Terselesaikan 100% penelitian prodi yang bermanfaat, mutakhir, dan berorientasi pada kebutuhan masa datang dengan 75% diantaranya telah terpublikasikan pada jurnal/prosiding nasional dan/atau internasional1. Bukti publikasi dosen dan mhs nasional dan internasionalView
7.3Program studi memiliki rekap dan bukti terdokumentasi karya dosen tetap Program studi yang disitasi setiap tahunProgram studi memiliki rekap dan bukti terdokumentasi karya dosen yang disitasi dalam 3 tahun terakhir.1. Bukti publikasi ilmiah dosen dan mhs yang disitasi (Screenshoot)View
7.4Program studi mendokumentasikan secara baik semua kegiatan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa setiap tahunProgram studi memiliki daftar dan dokumentasi semua kegiatan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir.1. Bukti jumalh penelitian dosen dan mhs (Buatkan daftar)View
7.5Program studi melaksanakan penjaminan mutu (PPEPP) terhadap pengelolaan penelitian program studi.Pengelolaan penelitian di program studi dilaksanakan sesuai dengan tahap penjaminan mutu (PPEPP).1. Pedomann penyusunan dan peninjauan Standar Penelitian, 2.standar Penelitian, 3. Dokumen penyusunan (tim), 4. SK penetapan, 5. Rip, Renstra Renop Penelitian Fakultas, 6. Survey kepuasan Peneliti, 7. Kualifikasi Reviewer internal dan SK Reviewer, 8. Monev Hasil penelitian, 9. RTM dan RTLView
7.6Fakultas/ departemen memiliki instrumen dan menjamin keterlaksanaan pengukuran epuasan peneliti dan mitra penelitian dalam proses penelitian secara konsisten dan berkelanjutan, dan hasilnya telah dianalisis dan digunakan untuk memperbaiki pengelolaan penelitian secara berkala dan tersistem.Fakultas/ departemen memiliki instrumen dan melakukan pengukuran kepuasan peneliti dan mitra penelitian dalam proses penelitian secara konsisten dan berkelanjutan, dan hasilnya telah dianalisis dan digunakan untuk memperbaiki pengelolaan penelitian secara berkala dan tersistem.1. Survey Kepuasan Peneliti, dan Mitra Penelitian, 2. RTM dan RTLView
7.7Fakultas/ departemen menyediakan dana dan sarana prasarana yang sangat memadai untuk pelaksanaan penelitian dosen dan mahasiswa, untuk menjamin semua proposal penelitian dapat dilaksanakan.Fakultas/ departemen menyediakan dana dan sarana prasarana yang sangat memadai untuk pelaksanaan semua penelitian dosen dan mahasiswa.1. Daftar sarpras penelitian, 2. RAPBU Universitas/FakultasView
8.1Relevansi PkM pada Fakultas/ departemen mencakup unsur- unsur sebagai berikut: 1. Memiliki peta jalan yang memayungi tema PkM dosen dan mahasiswa serta hilirisasi/penerapan keilmuan program studi, 2. Dosen dan mahasiswa melaksanakan PkM sesuai dengan peta jalan PkM, 3. Melakukan evaluasi kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa dengan peta jalan, dan 4. Menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi.Fakultas/ departemen memenuhi 4 unsur relevansi PkM dosen dan mahasiswa1. Roadmap PkM Prodi dan dosen di prodi, 2. Laporan PkM dosen melibatkan mhs, 3. Evaluasi monev hasil penelitian dosen dg roadmap, 4. RTM dan RTLView
8.2Program studi menghasilkan dan mendokumentasikan PkM yang memuat prinsip kemanfaatan, kemutakhiran dan mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang yang layak untuk dipublikasikan pada tingkat nasional dan internasionalProgram studi mendokumentasikan hasil PkM yang bermanfaat, mutakhir dan berorientasi pada kebutuhan masa datang, yang telah dipublikasikan pada tingkat nasional dan internasional.1. Bukti publikasi dosen dan mhs secara nasional dan internasionalView
8.3Program studi melibatkan mahasiswa dalam kegiatan PkM dalam 3 tahun terakhirdalam 3 tahun terakhirTerlaksananya PkM dosen bersama mahasiswa setiap tahunBukti PkM melibatkan mhsView
8.4Fakultas/ departemen melaksanakan penjaminan mutu (PPEPP) terhadap pengelolaan PkMPengelolaan PkM di Fakultas/ departemen dilaksanakan sesuai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, pengendalian, dan peningkatan.1. Pedomann penyusunan dan peninjauan Standar PkM, 2. Standar PkM, 3. Dokumen penyusunan (tim), 4. SK penetapan, 5. Rip, Renstra Renop PkM Fakultas, 6. Survey kepuasan Peneliti, 7. Kualifikasi Reviewer internal dan SK Reviewer, 8. Monev Hasil PkM, 9. RTM dan RTLView
8.5Fakultas/ departemen memiliki instrumen dan menjamin keterlaksanaan pengukuran kepuasan pengguna proses PkM (pelaksana dan mitra PkM) secara konsisten dan berkelanjutan, dan hasilnya telah dianalisis dan digunakan untuk memperbaiki pengelolaan PkMsecara konsisten, berkala dan tersistem.Fakultas/ departemen melakukan pengukuran kepuasan pelaksanaan PkM bagi pelaksanadan mitra serta hasilnya telah dianalisis dan digunakan untuk memperbaiki pengelolaan PkM secara konsisten, berkala dan tersistem.1. Survey Kepuasan dosen dan mitraView
8.6Fakultas/ departemen menyediakan dana yang sangat memadai untuk pelaksanaan PkM dosen dan/atau mahasiswa serta pendanaan PkM dengan mitra eksternal untuk menjamin semua PkM dapat dilaksanakan.Fakultas/ departemen menyediakan dana yang memadai untuk menjamin terlaksananya semua PkM dosen dan mahasiswa.1. Bukti rencana anggaran PkMView
8.7Program studi memiliki dosen yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang memenuhi berbagai persyaratan dalam melaksanakan kegiatan PkM, dengan dana internal maupun eksternal Unitomo.Program studimemiliki dosen yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang memenuhi semua persyaratan dalam melaksanakan kegiatan PkM, dengan dana internal dan eksternal Unitomo.1. Pedoman pelaksanaan PkM yang di dalamnya memuat persyaratannyaView
8.8Fakultas/ departemen menyediakan sarana prasarana yang sangat memadai untuk pelaksanaan PkM dosen dan mahasiswa.Fakultas/ departemen menyediakan sarana prasarana yang sangat memadai untuk menjamin terlaksananya semua PkM dosen dan mahasiswa.1. Daftar sarpras PkM, 2. RAPBU Universitas/FakultasView
9.1Program studi melakukan analisis pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diukur dengan metode yang sahih dan relevan terkait dengan keserbacukupan, kedalaman, dan kebermanfaatan analisis yang ditujukkan dengan peningkatan CPL dalam 3 tahun terakhirAnalisis capaian pembelajaran lulusan memenuhi 3 aspek, antara lain aspek keserbacukupan, kedalaman, dan kebermanfaatan analisis yang ditujukkan dengan peningkatan CPL dalam 3 tahun terakhir.1. Pedoman pengukuran CPL, 2. Laporan pengukuran CPL (berdasarkan prosentase kelulusan mhs tiap-tiap mata kuliah, 3. IPS dan IPK, 4. Hasil pengukuran tracer studi berkaiatan kesesuaian bidang kerja alumni dengan profil lulusanView
9.2Program studi menghasilkan lulusan dengan IPK rata-rata minimal 3,25 dalam 3 tahun terakhirProgram studi menghasilkan lulusan dengan IPK rata-rata minimal 3,25 dalam 3 tahun terakhirLaporan YudisunView
9.3Program studi menghasilkan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dalam 3 tahun terakhir.Terdapat mahasiswa prodi yang memiliki prestasi akademik dalam jumlah yang memadaiDaftar prestasi akademikView
9.4Program studi menghasilkan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dalam 3 tahun terakhir.Terdapat mahasiswa prodi yang memiliki prestasi non akademik dalam jumlah yang memadaiDaftar prestasi non-akademiView
9.5Program studi menghasilkan lulusan dengan masa studi tepat waktu antara 3,5 hingga 4,5 tahun, minimal 50% dari keseluruhan jumlah lulusan.Tercapainya target 50% lulusan menempuh studi maksimal 4,5 tahunDaftar YudisiumView
9.6Program studi mencapai persentase kelulusan tepat waktu minimal 50%.Tercapainya target persentase kelulusan tepat waktu minimal 50%.Daftar YudisiumView
9.7Program studi mencapai persentase keberhasilan studi minimal 85% dari total seluruh mahasiswa.Tercapainya target 85% jumlah mahasiswa yang diterima dapat menyelesaikan pendidikannyaLaporan KelulusanView
9.8Fakultas/ departemen melakukan tracer study yang telah mencakup 5 aspek berikut: 1. Tracer study terkoordinasi di tingkat PT 2. Dilakukan berkala setiap tahun dan terdokumentasi 3. Pertanyaan mencakup pertanyaan inti tracer study DIKTI 4. Ditargetkan pada seluruh populasi (lulusan TS-2 s.d. TS-4) 5. Hasilnya disosialisasikan dan digunakan untuk pengembangan kurikulum untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran.Terpenuhinya 5 aspek tracer study yang ditetapkan BAN PT dalam pelaksanaan tracer study di program studi dengan sample minimal 50%.Laporan tracer studiView
9.9Lulusan program studi mendapatkan pekerjaan yang relevan dengan bidang studi kurang dari 6 bulanTerpenuhinya target lulusan mendapat pekerjaan yang relevan dalam waktu rata- rata 6 bulan sejak kelulusan.Laporan tracer studiView
9.10Lulusan program studi mendapatkan pekerjaan relevan dengan bidang studi, minimal sebanyak 60% dari keseluruhan jumlah lulusan.Terpenuhinya target minimal 60% lulusan mendapat pekerjaan yang relevan dengan bidang studiLaporan tracer studiView
9.11Lulusan program studi bekerja pada perusahaan tingkat internasional, nasional, lokal, berwirausaha dengan izin usaha, atau berwirausaha tanpa izin usaha.Terpenuhinya target agar lulusan program studi bekerja pada perusahaan tingkat internasional, nasional, lokal, berwirausaha dengan izin usaha, atau berwirausaha tanpa izin usaha.Laporan tracer studiView
9.12Pengguna lulusan mencapai tingkat kepuasan di atas 75% untuk aspek-aspek berikut : 1. Etika 2. Keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama), 3. Kemampuan berbahasa asing, 4. Penggunaan teknologi informasi, 5. Kemampuan berkomunikasi, 6. Kerjasama tim, 7. Pengembangan diri.Terpenuhinya target kepuasan pengguna lulusan mencapai minimal 75% untuk ketujuh aspek kinerja alumni.View
9.13Program studi memiliki publikasi ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama dosen tetap program studi (DTPS), dengan judul yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir.Program studi telah memiliki publikasi ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama dosen tetap program studi (DTPS), dengan judul yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir dalam jumlah yang memadai.Daftar publikasi mhsView
9.14Program studi memiliki luaran penelitian dan PkM lain yang dihasilkan mahasiswa, baik secara mandiri atau bersama- sama dengan dosen tetap program studi (DTPS) dalam 3 tahun terakhir.Program studi telah memiliki luaran penelitian dan PkM lain yang dihasilkan mahasiswa, baik secara mandiri atau bersama-sama dengan dosen tetap program studi (DTPS) dalam 3 tahun terakhir.Daftar HaKI dan patenView