FP UNITOMO Mengembangkan Teknologi Pengasapan Ikan untuk Nelayan Kenjeran Surabaya dari Dana Hibah Dikti 2023




BEM Fakultas Pertanian Universitas Dr. Soetomo memperoleh dana hibah Dikti dengan judul, ”Pengembangan kawasan Edu-Wisata Bahari Berbasis Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Nelayan Kenjeran Surabaya.” Dibimbing Rochmad Wahyu Illahi. S.Pi.MP. dan  Ir. Retnani Rahmiati, M.Si., mahasiswa melakukan pembinaan kepada masyarakat nelayan di Kenjeran Surabaya.




Penyuluhan pengawetan ikan hasil tangkapan dimulai dari proses pemilihan dan pembersihan ikan yang akan diawetkan dengan teknologi pengasapan. Alat pengasapan terbuat dari rangka dan plat aluminium hasil rancangan mahasiswa FP didemokan cara penggunaannya. Alat ini untuk memaksimalkan produksi asap yang digunakan untuk pengasapan. Bahan bakaran bisa menggunakan bonggol jagung maupun tempurung kelapa. Sistem kompartemen tertutup dan model penggantungan ikan, memungkinkan pengasapan merata pada permukaan ikan dan ikan yang lebih banyak untuk diasap.

Proses pelatihan tidak hanya berhenti di pengasapan saja. Mahasiswa FP juga memberikan pelatihan bagaimana cara pengemasan yang baik, sehingga ikan asap dapat memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi daripada sistem pengasapan dan pengemasan tradisional yang selama ini digunakan oleh masyarakan Kenjeran. 

Informasi lebih lanjut, hubungi: Kejora Handarini (0812-5966-8253)

Share this Post