Pengukuhan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Dr. Soetomo Bidang Teknologi Pangan


Unitomo terus menambah jumlah guru besarnya. Senin (23/10) Prof. Dr. Ir. Fadjar Kurnia Hartati, M.P. dikukuhkan sebagai guru besar (gubes) bidang Teknologi Pangan, Profesor pertama di Fakultas Pertanian (FP) universitas berpredikat Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan ini.

Pengukuhan Ibu Fadjar, begitu ia biasa disapa, berlangsung di Auditorium Ki Mohammad Saleh Lantai 5 gedung F kampus Unitomo di Kompleks Taman Pendidikan Dr. Soetomo Jalan Semolowaru Surabaya. Acara dipimpin langsung Prof Dr. Siti Marwiyah, S.H., M.H., rektor Unitomo perempuan pertama, yang juga Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Tata Negara Fakultas Hukum (FH). 


Turut hadir kepala L2Dikti Wilayah VII Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M., serta Guru Besar beberapa PTN dan PTS. Dalam orasi ilmiahnya, Ibu Fadjar menyampaikan tentang “Pengembangan Potensi Beras Hitam (Oriza sativa L. Indica) sebagai Pangan Fungsional untuk Peningkatan Kesehatan”. 


Lebih lanjut, Ibu Fadjar menambahkan, berdasarkan beberapa referensi, beras hitam (Oryza sativa L.) adalah jenis beras yang istimewa karena mengandung pigmen paling baik, berbeda dengan beras putih atau beras warna lain.  “Menurut sejarah, beras hitam hanya dikonsumsi oleh raja-raja di Cina dan Indonesia sehingga dikenal dengan sebutan forbidden rice, alasannya karena beras hitam (Oryza sativa L.) mempunyai dua keunggulan yaitu sebagai makanan pokok  dan juga sebagai obat yang manjur”, imbuhnya.

Sementara itu, lanjut Ibu Fadjar, berdasarkan fakta dilapang ternyata beras hitam hanya ada di beberapa negara tertentu di dunia, antara lain di Srilangka, Cina, Korea, Jepang, Brazil dan Indonesia. “Di Indonesia cukup banyak varietasnya, antara lain Cempo Ireng, Wojalaka, Manggarai, NTT dll. Keunggulan beras hitam bila dibandingkan dengan jenis beras lainnya adalah kandungan antosianin, serat dan zat besinya lebih tinggi, namun kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan beras merah”, pungkasnya.

Share this Post