Pentingnya Peranan GMP, SSOP, dan HACCP dalam Meningkatkan Performa Industri Pangan




Fakultas Pertanian mendorong terus mahasiswa untuk lebih proaktif terhadap kebutuhan dunia kerja, khususnya industri pangan dan perikanan. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Dr. Kejora Handarini. S.Tp.MP saat membuka Webinar Nasional, Rabu (11/10).

“Perlu diketahui bersama, hal yang sangat mendasar bagi kebutuhan kedua industri tersebut adalah keamanan pangan, yang menjadi tolok ukur untuk menghasilkan produk pangan yang aman sampai di tangan konsumen, dan tidak menimbulkan gangguan Kesehatan,” jelas Doktor Bidang Teknologi Pangan.

Lebih lanjut, Kejora mengungkapkan dalam industri pangan dan perikanan sangat diperlukan suatu sistem yang dapat menjamin keamanan pangan, system tersebut adalah HACCP, yang menjadi dasar perolehan ISO 22000.

“Hal inilah yang mendasari dilaksanakannya kegiatan ini, tema yang diangkat juga sangat pas dan menjadi penting untuk dibahas, khususnya bagi para mahasiswa yang nantinya akan bekerja di industry pangan, atau bahkan jadi pengusaha di bidang pangan, oleh karena itu dihadirkan 2 orang narasumber terdiri dari akademisi yakni Ibu Diana Puspitasari, STP.,MT., Kaprodi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik Universitas Kusuma Wijaya, serta nara sumber dari praktisi yakni Bapak Arif Susena S.T manager Packaging Safety And Compliance dari PT Nestle Indonesia,” imbuhnya.



Sementara itu, kegiatan Webinar Nasional, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (Himatepa) FP Unitomo dilaksanakan secara daring dengan menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan ini mengangkat tema “Peranan Good Manufacturing Practices (GMP), Standard Sanitation Operation Procedure (SSOP), dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) dalam Meningkatkan Performa Industri Pangan”.

Diikuti sekitar 200 peserta dari mahasiswa Unitomo dan beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta, dosen, serta UMKM ini berjalan dengan antusias luar biasa.

Uun Nur Khasanah, salah satu peserta mengungkapkan mendapat gambaran lengkap tentang tema tersebut baik dari segi akademisi maupun dari sisi aplikasi di industry pangan, bagaimana ketiga system keamanan pangan baik GMP, SSOP dan HACCP menjadi dasar bagi peningkatan performa Industri Pangan.

“Pokoknya gak rugi ikut kegiatan ini, materi yang disajikan bisa dijadikan bekal untuk dunia kerja nantinya. Meski daring, diskusi juga berlangsung dengan baik, dan penuh antusias antara kami peserta dan narasumber, sehingga kami mendapatkan penjelasan yang mendetil dari narasumber,” pungkas Mahasiswa Teknologi Pangan ini.

Share this Post